Kamis, 29 November 2012

Menggabungkan Teks dengan Tanggal atau Rupiah

Masalah: Saya baru belajar tentang menggabungka teks antara 2 cell dan saya ingin menggabungkan teks dan tanggal serta jumlah rupiah. Ketika saya mencobanya pada pembuatan faktur penjualan (invoice) ternyata hasilnya tidak seperti yang saya inginkan. Apa yang salah dengan formula yang saya buat?

image

Solusi: Excel secara implisit menyimpan tanggal sebagai angka dan menampilkannya tergantung pada format yang dipakai. Pada sebuah formula anda bisa menggunakan fungsi TEXT untuk mengubah sebuah tanggal atau angka menjadi format angka tertentu. Sebagai contoh, formula =TEXT(F1+F3,”mm/dd/yyyy”) akan menghasilkan sebuah teks 03/11/2012.

Jika anda tidak yakin pada kode untuk format custom number, anda bisa mencarinya melalui cell yang sudah anda setting sebelumnya. Berikut contohnya:

1) Pilih cell E1

2) Tekan Ctrl+1 untuk menampilkan dialog Format Cells

3) Klik tab Number dan pilih kategori Custom. Excel akan menampilkan kode yang digunakan untuk format cell tersebut.

4) Sorot karakter kode tersebut, tekan Ctrl+C untuk meng-copy ke Clipboard, dan paste ke fungsi TEXT.

image

image

5) Ubah formula pada B13 menjadi ="Tolong dilunasi sejumlah "&TEXT(E11,"Rp#,##0;Rp(#,##0);Rp-")&" sebelum "&TEXT(F1+F3,"dddd, dd MMMM yyyy.")

 

image image

3 komentar:

  1. Terima kasih bung NF...
    Selama ini saya cari2 rumus ini dan baru ketemu. Ini memang sangat bermanfaat buat saya. Tapi yang khusus di rumus rupiah jadi teks tidak jadi dan saya sudah temukan jalannya dengan mencari tahu disekitar rumas bung NF yaitu TEXT(E11;"Rp.#.##0,-").

    BalasHapus